Brand Gardening: Merawat Sebuah “Brand”

image

Beberapa pekan lalu, kantor tempat saya bekerja mendapatkan anugerah sebagai “Most Valued Brands Indonesia 2016” untuk semua kategori industri dari sebuah lembaga yang cukup bergengsi (MVB). Alhamdulillah.

Yang menarik adalah, award tersebut diberikan bukan dalam bentuk piagam, plakat, medali atau piala berkilau nan megah. Tetapi sebuah pot lengkap dengan tanaman bonsai yang hidup di atasnya.

Unik, sekaligus “menampar.” ☺

Bagaimana tidak, setelah sepekan berlalu, karena kesibukan semua orang di subdir kami (yang tak lebih dari 30 orang itu), bonsai cantik itu mulai meranggas, menggugurkan daun-daun kecilnya, batangnya tampak kering mengkerut menunggu sepi di atas meja. Sunyi sendiri dalam kering udara AC dan lalu lalang rutinitas tiada habis.

Yup,… kami seperti ditampar. Plak plak!

Akhirnya sudah sepekan ini bonsai itu mulai kita coba rawat bersama. Ada yang mulai sering memindahkannya dekat dengan jendela agar mendapat paparan sinar mentari, ada pula yang menyiapkan botol sprayer berisi air untuk disemprotkan secara berkala agar daun-daun kecil cantiknya tak lekas kering serta kurang kelembapannya. Semoga nanti ada yang berkenan juga membeli pupuk dan berjaga-jaga menyiapkan pestisida jika jamur atau hama sejenisnya menyerang.

Begitulah sebuah “brand”, dia serupa orgasme organisme yang bisa tumbuh berkembang atau bahkan sebaliknya: mati. Sebuah brand memang perlu terus dirawat, disemai, dipelihara dan dijaga seiring waktu. Brand tidak hanya soal reputasi, citra, imej, dan persepsi. Ia juga bukan sekedar logo, tagline, simbol, atau apa yang sering ditampilkan melalui iklan. Maka Brand itu juga adalah identitas, karakter dan komitmen. Ah.. si bonsai.. memang makjleb ngajarin kami soal “brand.”

Jadi sudahkah kita bisa merawat bonsai brand?  😆

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s