Cerita Tentang Pemimpin Papan Tengah

image

Ada tulisan menarik dari mas @adhityamulya di blog suamigila.com, sangat menarik dan tentu inspiratif sehingga menjadi rujukan tulisan kali ini.

Orang bilang jadi pemimpin di papan tengah itu serba tidak enak. Dari atas ada tekanan, sementara dari bawah juga ada sandungan tantangan. Selalu siap jadi bumper, menahan tekanan dari atas tapi juga mengelola dorongan dari bawah. Kejepit bo’!

Tapi ada juga yang justru menilai posisi papan tengah adalah posisi yang paling leluasa bagi seseorang untuk belajar dan mengembangkan seni kepemimpinan. Bukankah saat kejepit itu kita jadi bisa melejit?

Menjadi pemimpin papan tengah memberi ruang kita untuk bisa membaca lebih detail tentang hal-hal yang berada di top management tetapi sekaligus membuat diri kita tidak terlampau jauh dari field operation, sehingga kita bisa lebih mampu menjangkau 2 kutub yang kadang cukup esktrim: antara misi dengan aksi, antara taktik dengan intrik dan antara ide dengan realite… (baca: realita) 🙂 ahaaa…

Pemimpin papan tengah berkutat pada level eksekusi namun juga memiliki tanggung jawab reportasi, supervisi sekaligus suksesi. Kompleks kan? Kan?

Nah, dalam perjalanannya, mas Adhit yang saya ceritakan di atas membuat 4 model atau tipe pemimpin papan tengah.

1. Tipe Pelindung/Tameng
2. Tipe Echo
3. Tipe Peredam
4. Tipe Penguat

Mana yang lebih baik? Semuanya bisa baik dan buruk tergantung situasi dan kondisi. Bahkan ke-4 tipe di atas sebenarnya gaya yang kapan saja bisa diterapkan oleh pemimpin papan tengah di berbagai tempat dan waktu.

image

Tipe pelindung kesannya baik dan menenangkan. Untuk jangka pendek dia adalah termasuk pemimpin yang mencintai dan dicintai anak buahnya. #uhuk. Tapi pada akhirnya bisa berakibat buruk karena anak buah bisa terlampau manja dan tidak mampu tumbuh menjadi sosok yang siap menahan dan mengelola tekanan. Bahkan anak buah yang terlalu comfort dengan tipe ini akan cenderung tidak peduli dengan drama tekanan-tekanan yang dialami pemimpinnya yang berasal dari top management/the big boss, akhirnya mereka jadi kurang sensitif dan kurang peka terhadap dinamika kerja.

image

Tipe echo adalah tipe yang lebih bermain aman dan menjadi bayang-bayang the big boss. Boss bilang A, dia bilang A juga. Lempeng bin lurus. Posisinya hanya sekedar perpanjangan tangan dari top management tanpa filter dan tanpa adaptasi. Untungnya bagi bawahan, mereka bisa begitu transparan melihat segenap kebijakan top to bottom yang berlaku. Jeleknya: mereka jadi bisa direct menentang kebijakan tanpa filter jika kebijakan dinilai tidak sesuai dengan pandangannya, dan itu artinya peran pemimpin papan tengah jadi terabaikan. Ada dan tiadanya tidak begitu berpengaruh.

image

Tipe peredam adalah tipe yang paling bijaksana ya? Ini adalah pemimpin papan tengah yang ideal (menurut saya). Dia tetap meneruskan tekanan dengan dosis dan takaran yang sesuai. Ada proses adaptasi, modifikasi dan filter yang baik. Buruknya dalam kondisi ekstrim,  ia bisa dianggap tidak tegas, dan sedikit plin-plan. Ke atasan ia bilang A namun ke bawahan ia bilang berbeda.

image

Tipe yang terakhir adalah tipe penguat atau amplifier ini kesannya adalah tipe spartan. Top management bilang a, ia sampaikan ke bawah dengan “A”. Tekanan yang diberikan pengalami penguatan. Dalam kondisi terus menerus, bawahannya bisa stress dan resisten. Namun baiknya tentu bawahan bisa melatih dirinya menjadi lebih kuat, tabah dan sabar. 🙄 Biasanya tipe ini menjadi penguat tidak hanya top to bottom, tetapi ia juga bottom to top. Saat ada anak buahnya yang loyal dan patuh dengan pemimpin papan tengah gaya “amplifier” ini, maka ia pun tak sungkan mempromosikan bawahannya. Dia akan jadi penguat yang cocok menggaungkan kemampuan bawahannya.

Dah.. gitu deh kira-kira… jadi tipe mana yang dominan dalam diri anda?

:):):)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s