Happy Accidents

Idea note_20150813_132542_01

Sering kali sesuatu itu tidak berjalan sebagaimana yang direncanakan. Sebaik-baiknya rencana tentu rencana dari-Nya.

Kadangkala musibah dan bencana datang tak bisa dihindari, betapa pun canggihnya kita sebagai manusia melakukan antisipasinya. Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan dalam kondisi apa pun.

Tahukah anda? Microwave Oven yang kini banyak digunakan di dapur rumah tangga modern saat ini akibat kecelakaan uji coba yang dilakukan oleh Percey Spencer tahun 1945 saat ia sedang meneliti dan mengembangkan peralatan radar. Tanpa sadar batang chocolate  di sakunya meleleh setelah terpapar radiasi gelombang micro yang sedang ditelitinya. Walhasil, dikembangkanlah oven berbasis radiasi gelombang elektromagnetik micro yang kemudian kita kenal dengan microwave oven.

Atau tahukah anda? bagaimana post it notes yang banyak kita gunakan di meja-meja kantor kita saat ini sebagai penanda ataupun tempat menulis pesan singkat di working desk merupakan produk lem gagal yang coba dikembangkan oleh Spencer Silver tahun 1968. Beliau dengan tekun mencoba membuat lem super lengket namun hasilnya sebaliknya, sebuah lem yang lama kering berdaya lengket rendah namun ramah dengan kertas dan tidak meninggalkan bekas. Apakah kemudian dia gagal menciptakan produk baru? Justru sebaliknya post it notes kemudian menjadi produk yang laris manis di pasaran.

Dan ternyata banyak lagi temuan-temuan yang sekarang telah mengubah wajah dunia modern berasal dari kegagalan, kesalahan, kecelakaan atau hal-hal yang diluar rencana serta kendali manusia.

Dalam lingkungan kerja kita, kesalahan, kekeliruan sering dan kerap terjadi. Bahkan mungkin berulang. Kadang memalukan, namun disitu ada banyak kesempatan bagi kita untuk belajar dan menyadarkan diri ternyata masih ada celah untuk kita bisa melakukan improvement dan perbaikan.

Di divisi network dalam perusahaan telekomunikasi, jaringan yang overload adalah problem. Tapi problem yang menggembirakan karena artinya jaringan yang disedikan digunakan oleh pelanggan, dan itu maknanya adalah revenue dan bisnis jalan terus… 🙂

Jadi…

Kaya atau miskin, lapang atau sempit, bahagia atau duka, kelimpahan atau kehilangan, kemenangan atau kekalahan, keberhasilan atau kegagalan bukanlah ukuran mulia dan tercelanya manusia. Kemuliaan itu ada pada sikap menjalaninya.

Salam takzim.

Advertisements

One thought on “Happy Accidents

  1. Mantap curcolnya Ki. “Di divisi network dalam perusahaan telekomunikasi, jaringan yang overload adalah problem. Tapi problem yang menggembirakan karena artinya jaringan yang disedikan digunakan oleh pelanggan, dan itu maknanya adalah revenue dan bisnis jalan terus…” (Rifki, 2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s