99 Ideas for Happy Worker: Retirement, Beginning The New Life?

image

Dalam tulisan random  bin absurd kali ini saya ingin sekedar mengajak kita semua menerawang tentang masa depan. Ya… masa depan kita sendiri.

“The best way to predict the future is to prepare and create it.”

Pesan hikmah dari baginda, “Ingatlah 5 perkara sebelum 5 perkara: Sehat sebelum sakit, lapang sebelum sempit, kaya sebelum miskin, muda sebelum tua, dan hidup sebelum mati.”

Pesan singkat namun penuh makna.

Karena memang kita sering lupa lalu kemudian ingat setelah tiada; pada nikmat sehat, nikmat lapang, dan nikmat lainnya di atas, itu satu persatu hilang. That’s why, kita perlu selalu ingat pesan di atas.

Sebagai karyawan, apalagi yang merasa menjadi engineer telco dan marketing tools dari sebuah perusahaan industri jasa terbesar di negeri ini, 24 jam dalam sehari kadang kala tidak lah cukup. Begitulah mungkin definisi totalitas dan loyalitas. Ups…!?

Tetapi tenang saja koq, toh tunjangan kesehatan pun ada, tabungan masa pensiun pun juga ada, tabungan serta deposito juga sudah bisa disiapkan sejak dini secara mandiri, pandai-pandailah kita mengelolanya.

Benefit long term juga sudah mulai diperjuangkan. Itulah salah satu upaya manajemen menciptakan employee engagement.  Apalagi di beberapa perusahaan besar sudah mulai membentuk tidak hanya koperasi tetapi juga yayasan yang akan mengelola dana pensiun. Intinya, kita memang harus hope for the best and prepare for the worst.

Tetapi ada yang mesti kita sadar, bahwa di atas rencana maha dasyat kita masih ada yang Maha Berkehendak dan Maha Memutuskan. Itulah indahnya, masa depan nan selalu penuh misteri.

Allah merahasiakan masa depan,
untuk menguji kita agar :
Kita berprasangka baik,
Berencana dengan baik,
Berusaha yang terbaik,
serta bersyukur dan bersabar.

Masa pensiun yang seperti apa yang hendak kita lalui? Cukupkah dengan kesiapan materi, lalu secure and save begitu saja?

Sementara hidup hingga masa tua pun belum tentu kita capai. Bisa saja ajal lebih dulu datang menghampiri? Lalu kapan kita benar-benar “menikmati hidup” dalam artian sebenar-benarnya hidup mewujudkan visi dan misi mulia kehidupan ini?

Mungkin barangsiapa yang mulai memikirkan kehidupan di masa tua yang nyaman, penuh cita, cinta, dan waktu untuk saling berbagi, menebar manfaat bagi banyak orang, sudah harus mulai mengubah pola hidup masa kininya. Apalagi yang selama ini kehidupannya hanya berkutat dan berputar soal kantor-rumah-kantor-rumah dan rumah-mall dipenghujung pekan. Oh tidak… 😉

Mengapa tidak kita mulai sejak sekarang?

Sungguh tidak ada masa istirahat sebenarnya hingga ajal tiba. Begitulah kobar semangat sang khalifah. Atau seorang ulama terbaik di masanya pernah mengungkap bahwa istirahatnya kita, adalah saat kaki kanan telah menginjak surga. MasyaAllah…

Jadi beramal-lah sejak dini,.. masa pensiun yang kita idamkan bisa kita ciptakan sejak sekarang.. Ya sekarang!

Ada banyak komunitas, ada banyak entitas, ada banyak lembaga dan kelompok kecil yang bisa kita jadikan starting point untuk melibatkan diri pada aksi-aksi sosial yang membuat hidup kita jauh bermakna.

Jadi pensiun itu bukan berrati masa istirahat dan purna tugas,.. justru sebaliknya!

Hendak jadi seperti apa kita kelak, mulailah dari sekarang…

Jangan hanya risaukan tentang uang dan harta yang tersisa di masa tua, pikirkanlah lebih soal generasi yang akan kita tinggalkan nanti.

Apa-apa yang akan kita tuai, dan panen di masa depan adalah apa yang kita tanam, semai dan tumbuhkan sejak sekarang…

Mulailah berdonasi untuk sebuah peradaban…

Bukan soal diri kita yang kelak pasti renta dan uzur tak berdaya…tetapi pada apa yang bisa kita tinggalkan. Meski hanya pada sebuah penggal bait atau tulisan,…atau sebuah kata:  “Majulah, Nak… bangun negerimu!”

 

image

Advertisements

One thought on “99 Ideas for Happy Worker: Retirement, Beginning The New Life?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s