99 Ideas for Happy Work: These Too, Will Pass

image

Ketika Anda sedang punya masalah besar ataupun sedang dalam kondisi terlalu gembira, ingatlah kalimat itu, “Dan ini pun akan berlalu” (These too, will pass).

Kalimat ini, kalau direnungkan dengan bijak akan mengantarkan diri kita pada keseimbangan hidup. Tidak satupun yang langgeng. Jadi, ketika Anda punya masalah, janganlah terlalu bersedih. Tatkala Anda lagi senang, jangan terlalu kelewat senang. Sedang-sedang saja.

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَان وَيَبْقَى وَجْهُ رَبِّكَ ذُوالْجَلٰلِ وَالْإِكْرَامِ

“Semua yang ada di bumi itu akan sirna. Dan tetap kekal Dzat Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan.” (55:26-27)

Terkadang adalah benar ungkapan sebuah pepatah arab, “al waktu juz’un minal ilaj”. Kadangkala waktu menjadi bagian daripada solusi.

Saat besar beban, berat mendera pundak, jalani saja segala sulit. Toh pada akhirnya semua pasti akan berlalu. Ingatlah….apapun yg Anda hadapi saat ini, semuanya akan berlalu.

Tidak ada yang kekal.

Semua ini seperti sebuah permainan. Tetapi bukan lalu kemudian kita jalani dengan “main-main”.

Allah SWT berfirman:

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۖ وَلَلدَّارُ الْآخِرَةُ خَيْرٌ لِّلَّذِينَ يَتَّقُونَ ۗ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka, dan sungguh kampung akhirat iti lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kalian memahaminya?” (QS. Al An’am 32)

وَمَا هَٰذِهِ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَهْوٌ وَلَعِبٌ ۚ وَإِنَّ الدَّارَ الْآخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُ ۚ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahuinya.” (QS. Al Ankabut 64)

إِنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ ۚ وَإِن تُؤْمِنُوا وَتَتَّقُوا يُؤْتِكُمْ أُجُورَكُمْ وَلَا يَسْأَلْكُمْ أَمْوَالَكُمْ

“Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu.” (QS. Muhammad 36)

Syarat pertama menghadapi tantangan hidup (baca: permainan hidup) adalah memperkuat hubungan dgn Allah, sebab Dia yg mengatur permainan, Dia sumber ketenangan, keteguhan dan keberanian.

Lalu setelah itu, letakkan semua urusan sesuai dengan prioritasnya.

Yaa… ini adalah soal hidup di dunia yang hanya sekali, jangan sampai salah prioritas.
Mana yang jadi tujuan, dan mana yang sekedar sarana dan alat….

…..

#justNoteForMyself

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s