99 Ideas for Happy Worker: Small Office-Home Office

image

Awal tahun, ibukota kembali dikepung bajir. Macet pun kian tak dapat dihindari. Alih-alih bicara soal produktivitas, yang ada justru pemborosan alokasi waktu, energi/tenaga dan tentu uang.

Tanpa bajir pun, soal macet sudah jadi habit Jakarta.

Bergalon-galon bahan bakar dibakar dari sekian ribu kendaraan di ibukota telah terbakar percuma hanya untuk bergerak perlahan lalu terhenti kemudian. Di antara riuh gelombang pekerja dari daerah-daerah penyangga ibukota, habiskan berjam-jam menjadi kaum commuter.

Yak…waktu pun habis dijalan.

Bahkan hasil Study on Integrated Transportation Master Plan (SITRAMP) oleh JICA/Bappenas menunjukkan : Jika sampai tahun 2020 tidak ada perbaikan yang dilakukan pada sistem transportasi Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok Tangerang dan Bekasi), maka estimasi kerugian ekonomi yang terjadi sebesar Rp. 28,1 Triliun dan kerugian nilai waktu perjalanan yang mencapai 36,9 Triliun. Melihat kondisi kemacetan di Kota Jakarta yang semakin hari semakin bertambah parah dan faktor kerugian yang tidak sedikit dari akibat kemacetan tersebut, tentunya kita tidak akan bisa tinggal diam.

image

Sudah saatnya kita mencoba menerapkan konsep small office-home office, lalu dilengkapi dengan mobile office sebelum sampai kepada smart-virtual office. Inilah cara yang bisa dilakukan oleh para penyedia lapangan kerja, kantor-kantor besar dengan garapan keterlibatan banyak karyawan yang tersebar di berbagai daerah penyangga ibukota.

Kantor-kantor sebagai place and space hendaknya lebih mudah dijangkau oleh seluruh karyawannya, fleksibel dan fungsional. Jangan sampai karyawan habis energi di jalan sementara disisi lain karyawan juga memiliki peran diluar sebagai employee; yaitu sebagai anggota masyarakat, orang tua dan anak. Bagaimana berbicara soal kualitas hidup ketika energi dan perhatian karyawan sudah tersita untuk urusan mobilitas saja.

Solusi partisipatif dari warga kota sangat diperlukan. Pemerintah tetap harus mampu mengeluarkan kebijakan transportasi publik massal yang nyaman, mudah dan solutif. Secara individu pun harus juga kreatif.

Seorang ahli sosial bernama Erika Sandow asal Swedia menyatakan bahwa pekerja yang setiap hari menempuh perjalanan panjang menuju kantor serta mengalami kemacetan, cenderung menderita tekanan darah tinggi, dan beresiko terkena serangan jantung. Selain itu kelelahan di perjalanan menyebabkan beban pekerjaan terasa lebih berat sehingga memicu tingkat stres yang tinggi. Susan Charles, seorang profesor psikologi dan perilaku sosial mengatakan, stres karena macet bisa berakibat fatal pada kesehatan mental dan dampaknya akan terasa 10 tahun kemudian. ( Yoris Sebastian, dalam buku Time is more Valuable Than Money).

Kantor dengan visi sebagai The best mobile lifestyle provider in region harusnya memang yang paling terdepan menerapkan konsep smart office-mobile office. Atau minimal dengan memulai konsep kantor satelit di daerah-daerah penyangga dengan konsep small office-home office. Mendata karyawan dimana mereka tinggal lalu meregister titik-titik dimana mereka harus berkantor dengan mudah. Terdengar simpel dan menyenangkan? Walaupun tentu tidak sesimpel itu pelaksanaannya. Sisanya: teknologi skype, hangouts, linc, dan lain-lainnya akan menjadi media komunikasi bergerak jarak jauh yang efektif, lalu jika memang harus tatap muka bisa dilakukan di tempat yang fleksibel lainnya. Ini bisa jadi salah satu langkah cost efficiency.

Teringat pada sebuah perjalanan lawas ke negeri Sakura Maret 2007, mengikuti sebuah training perangkat dari sebuah vendor transmisi ternama negeri Musashi itu, ternyata kantor-kantornya pun terpisah-pisah satu sama lain. Letak pusat learning centernya pun ditengah pemukiman yang tampak asri, bukan di tepi jalan highway protokol yang megah, apalagi layaknya di segitiga emas Jakarta yang padat merayap hilir mudik kendaraan melintas. Semua ditata dengan konsep minimalis-fungsional, dan efisien-efektif.

Kalau sudah begini rasanya enggap bekerja di ibukota. Lebih baik di kota kecil, terpencil tapi tak terkucil. #eaaa..

Advertisements

One thought on “99 Ideas for Happy Worker: Small Office-Home Office

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s