99 Ideas for Happy Worker: The Power of Middle Class

image

Dalam diskusi menarik bertajuk Dialog Kebangsaan di sebuah kampus negeri di ibukota propinsi dimana saya ditugaskan, beberapa waktu lalu mengundang seorang tokoh muda nasional yang sedang memimpin sebuah partai politik. Dalam rentang waktu 45 menit kami semua yang ada di ruang rektorat itu pun larut dalam paparan yang cerdas dan bernas tentang Indonesia. Di sebuah kesempatan lain, saya juga pernah mengikuti kelas marketing oleh seorang raja marketing kawakan Indonesia saat beliau  me-launching produk kelas konsultan bisnis-nya di kota Pontianak beberapa tahun lalu.  Keduanya sama-sama menyampaikan optimisme tentang Indonesia masa depan yang kini tengah mulai memetik bonus ledakan populasi penduduk yang potensial. Tumbuhnya kelas menengah yang kuat dan terdidik.

Indonesian-Middle-Class-Growth

The middle class of population ini bukan sekedar di tataran usia atau angkatan zamannya, melain juga pada level household expenditure dan aksesnya pada pendidikan dan informasi.

Di ranah dunia profesi, ledakan populasi penduduk di kelas menengah ini tentu akan mendorong dan bahkan menciptakan iklim kerja yang dinamis, dan progresif. Muda, beda dan berbahaya! agresif. 🙂

Dalam sebuah struktur pekerjaan atau organisasi dan jenjang karir, maka sebuah perusahaan atau entitas bisnis juga harus mampu memiliki kelas menengah yang kuat. Karena kelas menengah ini adalah golongan kelas angkatan pekerja memiliki daya jangkau yang mudah di lini depan bisnis perusahaan atau instansi namun juga sudah cukup matang memiliki cara pandang dan pemahaman terhadap prinsip-prinsip bisnis, misi, dan visi perusahaan/instansi serta mengetahui standar prosedur operasional dalam pelayanan konsumen atau publik sehingga apa pun kebijakan lapangan yang diambil tentu telah berangkat dari  pengalaman empiris yang matang.

Sehingga kelas menengah ini adalah kelompok karyawan atau pegawai yang tumbuh matang dari bawah lalu kemudian naik hingga di level manajemen, dan secara fair mewakili banyak kelompok dan kelasnya namun juga memiliki akses baik hingga ke level top manajemen atau setidaknya kepada para pemangku kebijakan. Kelas ini adalah kelas pegawai yang tahu teknis di lapangan tetapi juga paham terhadap strategi dan kebijakan.

Lalu apa pentingnya kita membahas tentang “kelas menengah” dalam ranah hubungan kerja di sektor swasta atau pemerintahan?

Mengukur populasi karyawan dengan spesifikasi kelas menengah ini tentu bertujuan agar organisasi perusahaan atau instansi bisa bergerak dengan baik, ada mapping resource yang tepat sekaligus sebagai salah satu pertimbangan menyusun career path system dalam sebuah instansi atau perusahaan yang dinamis dan efektif.

Bagaimana menurut anda?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s