99 Ideas for Happy Worker: “Mati Gaya”

image

Pernah mati gaya dalam bekerja? Kami pernah, dan masih sering merasakan. Kondisi saat LAN kantor down akibat mati lampu dan yang terakhir saat GBlink atau IuPS untuk paket data seluler sedang down.

Rasanya memang seperti kembali ke beberapa dekade sebelumnya. Dimana internet hanya barang mewah dan bukan kebutuhan dasar.

Padahal jika kami berkunjung ke instansi dan kantor dinas-dinas setempat di kota kecil tempat kami tinggal akan banyak dijumpai meja-meja tanpa komputer atau desktop apalagi laptop. Yang ada hanya tumpukan kertas dan berkas, amplop coklat besar atau map merah bertumpuk-tumpuk. Lalu seonggok mesin ketik tua di salah satu sudutnya.

Entahlah, kami pikir dunia kerja erat terkait dengan jaringan internet. Apalagi kalau kita dengar istilah e-government. Nyatanya masih jauh. Email resmi instansi dengan domain resmi pemkot saja kadang tak lagi aktif. Padahal kami beriteraksi dengan dinas Komunikasi dan Informatika yang erat dengan media informasi termasuk internet.

Akhirnya jika harus menggunakan email dalam interaksi dan koordinasi kerja, kami biasanya harus mengirim ke email personal salah seorang pejabat instansi dengan email domain seperti yahoo atau gmail.

Tentu ini sebuah peluang yang luar biasa. Disaat penentrasi seluler di satu sisi dianggap saturasi toh ternyata masih banyak ladang yang bisa digarap. Internet via mobilephone baru menjadi kebutuhan dasar pada generasi 70-80 ke atas. Menjadi bagian dari revisi teori tangga kebutuhan Abraham Maslow meski penggunaan internet baru sebatas untuk social and life style, belum dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja.

Dengan mentarget pasar youth memang diharapkan captive market yang ada akan menjadi seperti benih yang siap dipanen dalam hitungan tahun ke depan.

Internet harusnya bisa segera mengubah peta dunia kerja lebih dinamis, produktif, dengan iklim kontribusi pembangunan daerah yang lebih progresif karena mudahnya arus informasi dan komunikasi antar banyak elemen masyarakat. Bekerja dimana saja dan kapan saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s