99 Ideas for Happy Worker: Career Path

image

Ada seorang karyawan setia, bekerja bertahun-tahun ternyata tak pernah dipromosikan naik jabatan atau naik pangkat. Staff abadi, begitu sebutannya. Hidupnya tenang, lempeng dan datar.

Namun ada juga bisa melesat cepat, dari staff kemudian supervisor dan tak lama kemudian menjadi general manager. Pekerjaannya makin banyak, tanggung jawabnya makin besar. Waktunya kian terasa sempit.

Begitulah dunia kerja, turbulansi tiap orang berbeda. Tiap orang pun memiliki cara pandang yang berbeda pula.

Bagi management perusahaan, career path adalah sebuah sistem jenjang pekerjaan dan tanggung jawab yang mengatur tentang hak dan kewajiban, interaksi hubungan antar personal, distribusi kerja dan fungsi yang melekat disertai dengan otoritas dalam melaksanakan tugas masing-masing sehingga tujuan organisasi perusahaan bisa berjalan secara efektif.

Ini tentu sangat penting.

Perusahaan yang mampu mendefinisikan career path dengan jelas biasanya akan memiliki kelengkapan untuk menjadi perusahaan yang “built to last” (selain visi-misi dan budaya perusahaan yang mengakar).

Dari sudut pandang karyawan, career path adalah salah satu media ukur untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri dan nilai kontribusi. Ini bukan lagi soal berapa angka yang tercetak di buku rekening bank.

Orang bisa saja habis-habisan mengejar dan meraih tangga tertinggi. Inilah kompetisi di dunia kerja, seperti pula kompetisi dalam kehidupan itu sendiri. Berlomba meraih predikat.

Tapi mesti diingat, karir kita bukan hanya di kantor. Hidup kita boleh saja 8 hingga 12 jam bersoal urusan kantor. Bahkan ada yang antara kehidupan pribadi dan profesinya telah menyatu erat tak terpisahkan. 24/7.

Tapi ingat, kesuksesan tak selalu diukur dari posisi dan jabatan…

Tapi ingat juga, karir kita bukan soal pekerjaan saja. Ada masyarakat sekitar tempat kita tinggal. Ada tetangga, ada kerabat, sahabat dan karib…..

Dan ingatlah, karir kita juga ada pada kehidupan keluarga kita, pada senyum manis tatapan mesra orang tercinta, tempat pulang kembali semua energi: KELUARGA.

Sesungguhnya karir kita itu juga adalah tentang mengaktualisasikan diri pada janji kehidupan. “The purpose of life.” — tentang hidup setelah mati..

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s