99 Ideas for Happy Worker: Mengukur dari Tangga Kebutuhan

image

Tentu anda akrab dengan teori tangga kebutuhan milik A. Maslow di atas bukan?

Manusia bertahan hidup karena memiliki motifasi, atau keinginan. Yaaa.. minimal keinginan dan kebutuhan untuk tetap hidup bukan?

Keinginan-keinginan inilah yang membuat manusia kemudian melakukan upaya dan usahanya.

Mari kita urai lebih sederhana teori ini dalam 2 persepktif. Yang pertama adalah bagaimana perusahaan bisa membangunkan loyalitas karyawan, dan yang kedua adalah bagaimana seorang karyawan bisa mencapai titik tertinggi aktualisasi diri sehingga mampu menghadirkan prestasi dan kinerja cemerlang.

Perspketif pertama menuntun sebuah perusahaan harus mampu menciptakan happy worker yang loyalis dengan mengawalinya menapaki dari tangga dasar kebutuhan manusia. Penuhi kebutuhan dasar karyawan dulu. Selanjutnya adalah jaminan rasa aman dan nyaman hingga pemenuhan kebutuhan penghargaan/achievement dan seterusnya.

Sementara perspektif kedua mendorong karyawan mengawali target pemenuhan hajat hidupnya dengan menentukan ruang eksistensinya terlebih dahulu. Dari puncak piramidanya. Pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri.

Saya mau jadi apa? Apa peran saya? Dan internalisasi lain serupa.  Ia memulainya dari puncak dahulu. Semangat kontribusinya dulu  yang dibangun. Maka dengan sendirinya kebutuhan pengakuan sosial, kolegial, pertemanan, kasih sayang, saling menghargai hingga kebutuhan materi/fisik pun akan terpenuhi juga.

Kita perlu belajar juga bagaimana perusahaan besar yang memiliki nilai prosperity tinggi justru perusahaan yang memulai bisnis dan meraih kesuksesan bukan dengan mematok berapa materi yang bisa diterima dari apa yang bisa dilakukannya, melainkan materi apa yang bisa diiberikan sebagai benefit atau keuntungan dan manfaatnya bagi orang atau konsumen terlebih dahulu.

Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain

Dan… sebaik-baiknya perusahaan adalah yang dicintai oleh karyawannya… bagaimana menurut anda? 🙂

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s