99 Ideas for Happy Worker: Big Dream

image

 

Setiap orang punya mimpi. Punya harap, punya keinginan. Keinginan manusia sejatinya tanpa batas, tapi kemampuannya lah yang kemudian membatasi.

Dalam meniti karir kehidupan, seorang pekerja harus memiliki mimpi dan harapan. Mimpi ini yang akan menciptakan keberanian dan kemauan untuk bertindak.

Pekerja-pekerja yang kreatif adalah pekerja-pekerja yang memiliki mimpi besar.

Mimpi tentang rumah pensiun berhalaman luas, ditengah hamparan sawah hijau, kolam kecipak ikan dan sayup suara gemercik air di desa terpencil jauh dari hiruk-pikuk. Tenang tanpa macet. Tidak ada sekat kubikel yang serasa mengungkung, berganti dengan bale-bale nyaman di alam terbuka, semilir angin menyapu dahi yang sudah banyak kerut lelah bekerja puluhan tahun di kantor, diselingi rambut perak yang menyapu di atasnya. Anak-anak kecil, yang akrab memanggil: “kakak”, “Engkong”, “Cici” atau “Eyang” berlarian bersendau-gurau menemani…

Mungkin itu sebagian kecil dari mimpi kita. Mimpi tentang masa pensiun. Atau ada juga mimpi yang lain, misalnya: mengajar di kelas, bercerita seru dan berbagi ilmu kepada wajah-wajah sumringah penuh harapan, anak-anak generasi mendatang, berbagi pengalaman dan pengetahun puluhan tahun kepada anak-anak muda, remaja belia.

Ada banyak mimpi lain diantara jutaan mimpi.

Maka buatlah BIG DREAM. Mimpi besar. Entah tentang apa saja. Tentang peradaban penuh cahaya kita.

Mungkin kita setiap hari adalah orang-orang yang bekerja begitu keras, mengejar target-target diri maupun perusahaan. Namun lambat laun akan mulai merasakan kelelahan dan kejenuhan baik fisiologis maupun psikologis. Dengan membangun mimpi besar yang bisa kita visualisasikan maka pada titik tertentu akan membangkitkan adrenaline, yang sangat berenergi dan menimbulkan ketagihan dan memompa semangat. Ada desiran dalam dada. Membuncah.

Begitulah para salafushaleh juga menganjurkan kita ketika lelah dan jenuh mengejar amal ibadah, maka sesekali cobalah membayangkan mimpi besar kita di akhirat. Visualisasikanlah surga anda. Meski sudah dijelaskan bahwa keindahan surga itu tidak pernah ada terbayangkan sebelumnya, naman banyak ayat dalam kitab suci yang menggambarkan, memvisualisasikan dan mendeskripsikan seperti apa surga itu…

Demikian… mari bangun mimpi besar kita masing-masing…

 

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s