99 Ideas for Happy Worker: Superman Aja Cape

image

“Habis ada kerjaan malam, lalu pagi-pagi pun sudah di telpon OMC ada gangguan… argh…!” setengah kesal salah satu tim kami melempar uneg-unegnya melalui group chat internal.

“Oke… tidur aja dulu, bro. Jangan dipaksakan. Tubuh juga perlu hak istirahat.” Begitu biasanya saya akan melerai kesahnya.

Itulah pentingnya kita memiliki tim berlapis. Terutama bagi para first liner 24/7 seperti para engineer telco, petugas pengaman, fireman, paramedis dan sejenisnya. Ya… lapis tenaga, lapis semangat bahkan lapis baja sekaligus, hehe..

Tim berlapis maksudnya adalah buddy system. Mirip system perangkat modular telekomunikasi. 1+1, atau n+1; 1 atau n working, yang 1 lagi stand by.

Atau jika working semuanya karena memang keterbatasan sumber daya, maka harus ada mekanisme resiliency dan back up. Tapi kalau memang sudah overload? Oke… lepaskan saja semua beban. Rehat itu perlu!

Banyak penelitian menyimpulkan tentang manfaat tidur siang. Maka management yang baik sudah sepatutnya memberi ruang bagi tim dan anggotanya untuk rehat istirahat siang dengan baik. The power of nap! Begitu orang bilang.

Untuk menjaga kebahagiaan dan kegembiraan karyawan dalam bekerja salah satu cara adalah bagaimana kita bersama bisa menciptakan working life balance yang baik.

Bagaimana caranya? Pertama bisa dengan focus on contribution dan yang kedua adalah  take a break frequently. Sejenak demi sejenak.

 

Fight your feeling not your body! Kata Yoris Sebastian.

Kita seharunya memang punya semangat pantang menyerah, motivasi kuat dan antusiasme berlipat. Lawan kemalasan dan sempit jiwa. Fight your feeling! Berjuanglah untuk ide-ide besar kita.

Tapi saat tubuh butuh rehat sejenak atau bahkan hibernate, maka tunaikan haknya dan jangan paksa ia bekerja pada kondisi saturasi. Bisa kolaps dan akhirnya justru tidak produktif.

Bagaimana menurut anda?

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s