99 Ideas for Happy Worker: Simple Rules

image

Masihkah relevan saat dunia kerja mengukur prestasi dan achievement karyawan perusahaan dari angka-angka produktifitas dan parameter kepuasan klien atau pelanggan yang begitu beragam dengan “paksaan” bekerja hanya dari jam 8 pagi hingga pukul 17 atau jam 5 sore?

Para engineer telko tempat saya bekerja biasanya harus siap bekerja 24 jam selama 7 hari. Selain office hours bekerja di ruang kantor, biasanya mereka juga harus bersiap meremote pekerjaan dari rumah, dari tempat mana saja dan kapan saja. Stand on call dan menjadi laki-laki “panggilan”.

Maka keharusan bekerja di balik meja dalam kubikel ruang-ruang kantor menjadi kurang relevan pada kondisi-kondisi tertentu. Manajemen yang bijak harusnya bisa menerapkan simple rules-less rules.

Kalau kita berkunjung ke creative company besar seperti google atau lainnya, biasanya mereka melakukan pendekatan yang lebih menekankan: focus on contribution.

Kita layak menata ulang; apakah harus terus ditempuh berlelah-lelah menembus macet dan kepayahan pergi ke kantor (khusus yang bekerja di ibukota) sekedar agar bisa memenuhi standar office hours namun kemudian menghabiskan resource energi dan pikiran sedangkan kondisinya tidak selalu menghasilkan kontribusi yang lebih baik dibanding saat karyawan bisa diberi kelonggaran bekerja di tempat-tempat yang mereka bisa mudah capai, enjoy, menyenangkan dan membuat mereka happy?

Titik tekannya adalah: kontribusi.

Selama ukuran kontribusi dan proses bekerjanya terukur dan dapat dinilai, khusus bagi posisi dan scope of work-nya tidak berhubungan dengan meja pelayanan publik dan konsumen secara langsung, maka bekerja dengan atribut yang tidak mengikat, bekerja dengan konsep less rules-simple rules akan membuat karyawan mampu menjaga kreatifitas, semangat dan antusiasmenya.

Itu menurut saya…. bagaimana menurut anda? 🙂

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s