99 Ideas for Happy Worker: Break Your Routine

image

 

Bekerja setiap hari, pulang pergi dari satu tempat ke tempat yang sama pada hari-hari yang berulang, seringkali menyebabkan kita didera bosan dan jenuh. Kejenuhan bisa menyebabkan tumpulnya kreatifitas, semangat meredup dan kerentanan psikis lainnya.

Saya tidak tahu bagaimana rasanya orang-orang yang bekerja di ibukota yang semrawut dan selalu didera ketidakpastian soal trafic jam dan segudang problematika transportasi lainnya, tentu banyak sekali strategi yang perlu diterapkan agar stamina, vitalitas dan kreatifitas kerja tetap prima.

Nabi seringkali mencontohkan untuk melalui jalan yang berbeda saat hendak pergi dan atau pulang dari masjid.

Faedahnya salah satu tentu adalah “variasi”. Selain variasi suasana dan pemandangan juga variasi peluang berjumpa dengan orang-orang yang berbeda.

Memecah rutinitas memang perlu agar kita tidak mudah jenuh dan saturasi. Bekerja di alam terbuka, di lapangan atau di tempat-tempat lain adalah beberapa trik yang bisa dilakukan. Bahkan sesekali bekerja di atas kasur pun adalah bagian kita menciptakan variasi dan warna. Memecah belenggu rutinitas adalah cara terbaik kita untuk membangun antusiasme, semangat dan kreatifitas.

Outbond, outing, traveling bersama tim sambil bekerja adalah cara kita juga menciptakan teamwork yang solid.

image

 

Break your routine juga bisa menjadi awal dan cara kita untuk bisa learn something different dan doing something for the first time.

Pada tahap yang berbeda bekerja dengan metode breaking your routine juga membiasakan kita untuk Try in different angle atau working in different area atau bahkan different project. Sampai di sini, akan kita jumpai banyak cara dan kesempatan kita belajar dan menambah kapasitas diri.

Jadi breaking your routine bukan sekedar sebuah metode refreshing lalu melepaskan diri dari soal-soal “pekerjaan”. Jauh dari itu, gaya ini adalah soal bagaimana kita bisa menciptakan sensasi baru dalam bekerja.

Bagaimana dengan anda?

.:salam spektakuler:.

Advertisements

One thought on “99 Ideas for Happy Worker: Break Your Routine

  1. Setuju, Bung Rifki. Salah satu method untuk melatih creativity itu dengan melakukan hal yang berbeda dari kebiasaan, supaya ada point-of-view baru dan pengalaman baru yang memperkaya ‘bahan bakar’ creativity.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s