99 Ideas for Happy Worker: Great Expectation

image

Dalam section kecil yang saya kelola bersama tim, kami telah mulai terbiasa menyusun sebuah rangkaian dan daftar wildly goal important (WIG). Proyek kecil dalam menyusun dan mengelola beban kerja, resource /sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi, menjadi sangat terbantukan, meski ditengah jalan whirlwind lebih kerap datang mengacaukan dan menambah beban-beban baru dalam menjalankan amanah ini.

Kami harus jujur, bahwa kadang pada masa evaluasi ternyata banyak yang jauh dari harapan. Begitulah target. Ia sejatinya: MEMOTIVASI namun juga MEMBATASI.

Target memang harus tinggi, di sisi ini ia memotivasi kita untuk dapat menggapai, meraih dan mewujudkannya. Di sisi lain ia juga memberi ruang batasan agar kita mampu mengukur sumber daya serta faktor-faktor yang saling mempengaruhinya. Di sinilah target memang harus punya sifat measurable dan achievable.

Great expectation memang seperti sebuah mata uang yang memiliki dua sisi yang tak terpisahkan dengan  grateful towards any condition. Bersyukur atas segenap capaian.

Kita boleh bercita-cita dan berharap tinggi, memiliki segudang harapan dan keinginan. Di sisi yang lain secara bersamaan kita perlu siapkan ruang untuk melegakan hati, meluaskan hikmah dan huznudzon atas ketentuan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bahwa tiada yang sia-sia nan percuma pada setiap takdir dan ketentuan-Nya. Semua telah terukur, tertakar dan tak tertukar.

“…boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagi mu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui” (Al-baqarah 216)

Indah memang hidup seorang muslim, saat syukur dan sabar menjadi ritme nafas kehidupan.

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s