99 Ideas for Happy Worker: Ulang Tahun Perusahaan

image

Bahagia tentu saat kita bekerja di sebuah perusahaan yang kian eksis dan tumbuh tahun demi tahun.

Orang yang menjadikan perusahaan tersebut sebagai tempat mencari penghidupan, siapa pun ia, layak berbahagia. Termasuk saya.

Perjalanan selama bekerja lebih dari 8 tahun pada perusahaan yang kini telah genap memasuki usia yang ke-18 tahun membuat saya kembali mengukur sejauh mana kontribusi saya dan sejauh mana kontribusi perusahaan ini dalam melayani hajat hidup orang banyak (konsumennya).

image

Dalam buku “Built to Last” karya James C. Collins dan Jerry I. Porras dikatakan salah satu yang membuat perusahan bertahun-tahun dapat eksis dan terus tumbuh berkembang adalah visi yang terdiri dari ideologi yang berisi core idea dan core purpose. Sedangkan komponen visi lainnya adalah tentang gambaran masa depan yang ingin diraih oleh perusahaan. BIG hairy Audacious Goal.

Sama dengan perusahaan yang mirip organisme, ia akan tumbuh berkembang dari masa ke masa. Lalu suatu saat bisa mati dan berakhir hidupnya, maka kita sebagai organisme yang hidup di dalamnya juga memiliki potensi yang sama: hidup, tumbuh berkembang dan suatu saat akan “berakhir”juga.

Jadi jangan memberhalakan perusahaan. Loyalitas perlu namun jangan sampai mempertuhankan perusahaan/kantor.

Loyal-lah pada karir anda bukan pada pekerjaan anda. Begitu kira-kira Rene Suhardono berujar. Karena karir itu adalah tentang hidup anda, sedangkan pekerjaan itu hanya bagian kecil darinya.

Maka kalau sudah begitu persoalannya bukan pada kekekalan eksistensi bentuk dan rupa secara jasadiyah. Tetapi bagaimana eksistensi perusahaan atau diri sebagai karyawan akan menyejarah dan abadi meski jasad hancur dikandung tanah. Itu yang paling penting.

Lalu bagaimana caranya agar menyejarah?

Sederhana: buatlah buku sejarah anda sendiri. Tokohnya adalah anda sendiri dan mulailah ACTION menuji visi! Dan catatlah setiap capaian yang diraih.

Tuliskan apa yang akan dilakukan sekaligus juga tulis kembali apa yang telah dilakukan….

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s