99 Ideas for Happy Worker: Killing in Progress

Image

Bekerja dengan rutinitas yang berulang itu saja, pergi pagi pulang petang, lalu berlelahan melawan traffic jam, asap debu jelaga jalanan yang melekat melunturkan pesona, macet mengular tak terutai, terdesak dan berdesakan di line-commuter, berjejalan di angkutan umum berbaur bersama berjuta partikel parfum basi bercampur bulir keringat yang mengering karena udara yang silih berganti dari panas, lembab ke dingin dan sebaliknya. Ahh, betapa neraka bernama bekerja di kantor di kota metropolitan itu kadang memang ada.

Sampai di kantor, bukanlah senyum manis sang bidadari hati di rumah yang ada atau gelak canda si buah hati, tetapi tatapan sinis-sindirian pahit dari kolega pesaing, boss yang angkuh-arogan penuh dominasi, yang selalu benar dan tak pernah salah, serta lingkungan kerja yang begitu dingin, angkuh dan kaku. Aaaargh… (untunglah kantor saya ndak seperti itu!)

Wajar saja jika orang kemudian merasa bekerja adalah siksaan tersendiri yang harus dilewati dari Senin hingga Jumat.

Atau misalkan bekerja di bawah sinar matahari yang begitu sumringah di siang bolong, tak malu-malu dan penuh energi, menghisap setiap kalori yang sempat masuk tak lama singgah lalu berubah menjadi energi gerak otot lengan dan tungkai diantara pekerjaan mengangkat barang berat berkwintal-kwintal hingga bercampur debu jalanan membawa angkot bermesin tua penuh polusi. Oh.. oh.. oh…

Mari sejenak meresapi pesan nasehat Rasulullah berikut ini:

“Barang siapa bersusah-payah mencari nafkah untuk keluarganya maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah ‘azza wa jalla” (HR Ahmad)

Orang yang ikhlas bekerja akan mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT. Dalam sebuah hadits diriwayatkan :

Barang siapa yang sore hari duduk kelelahan lantaran pekerjaan yang telah dilakukannya, maka ia dapatkan sore hari tersebut dosa-dosanya diampuni oleh Allah SWT. (HR. Thabrani)

Kalau bekerja membuatmu tak enjoy, dan tak menyenangkan. Yakinlah, berat dan sulitnya itu ada pahala bagimu.

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s