99 Ideas for Happy Worker: Proses Dulu Kemudian Hasil

image

Kesuksesan dan keberhasilan memang datangnya terkadang penuh keajaiban. Bahkan KEBERHASILAN yang tercipta kadangkala tidak ada hubungannya dengan KERJA KERAS yang kita buat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu menyelipkan hikmah dan pelajaran yang mendalam pada setiap fragmen hidup orang-orang sholeh terbaik. Semata-mata kemudian agar kita sadar bahwa sukses dan berhasilnya kita pada sebuah etape perjuangan atau apapun dalam hidup ini jelas ada campur tangan dan skenario indah dari Maha Pemberi. Porsi kita hanyalah BERUSAHA, kawan.

Hajar dan bayinya telah ditinggal oleh Ibrahim di lembah itu. Sunyi menyergap kegersangan yang membakar. Yang ada hanya pasir dan cadas membakar. Tak terlihat ada air tuk penyambung hidup. Yang ada bagi Hajar saat itu adalah bayi Ismail yang menangis karena haus dan lapar.

Maka Hajar pun kemudian berlari, mencoba mengais jejak air untuk menjawab tangis putra semata wayangnya. Ada dua bukit diantaranya, tak lelah ia menelisik dengan seksama. Berulang-ulang hingga 7 kali. Tak ada, sama sekali tak ada tanda air nyata di sana. Tapi ia tetap mencari. Mungkin ia tahu tak ada air, memang. Mungkin ia hanya ingin menunjukkan kesungguhannya pada Allah. Sebagaimana telah ia yakinkan sang suami, ” Jika ini perintah Allah, Dia tak akan pernah menyia-nyiakan kami!”

Maka keajaiban itu memancar. Zam-zam keluar dari hentakan kaki Ismail yang menangis dan menjejak-jejak. Air hadir bukan dari jalan nan terjal yang disusuri bundanya antara Shaffa dan Marwah. Bukan. Dan Hajar pun takjub.

Begitulah keberhasilan kadang datang begitu ajaib dan tidak terletak dalam ikhtiar-ikhtiar kita.

Dari ini kita pun belajar bahwa bekerja keras, bekerja ikhlas itu ada pada kesungguhan kita kepada Allah. Kepercayaan bahwa Dia tidak akan menyia-nyiakan iman dan amal kita.

Tugas kita memang bekerja semaksimal mungkin, beramal dengan sebaik mungkin. Adapun hasil semata-mata adalah hak prerogatif Allah semata.

.:salam spektakuler:.

Advertisements

4 thoughts on “99 Ideas for Happy Worker: Proses Dulu Kemudian Hasil

  1. Memang semuanya adalah atas ijin Allah, tapi menurut saya, keberhasilan selalu ada hubungannya dengan kerja keras kita. Allah udah memberi ketetapan bahwa dengan usaha seperti ini, hasilnya akan seperti ini. Inilah kenapa orang yang kerja lebih cerdas dan keras selalunya memperoleh lebih dari yang kerja keras tanpa kerja cerdas. Do your best, and Allah will do the rest.
    Salam Spektakuler!

    1. benar, pada umumnya keberhasilan BIASAnya ada hubungan dengan kerja keras kita. Namun tak bisa dihindari selalu saja ada keajaiban atau hal-hal lain yang ternyata pencapaian seseorang itu diluar apa yang bisa diprediksikan.

      Hal ini kian memperkuat bahwa kita memang hanya punya wilayah :Do the best….
      dan Allah will do the rest.

      Kondisi seperti ini, makin menyadarkan bahwa kita tak lebih banyak memiliki andil agar sadar bahwa manusia memang tiada kuasa selain atas izin-Nya.

      salam spektakuler juga buat Cik Borrys… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s