99 Ideas for Happy Worker: Berpuas Vs Bersyukur

“Wah mas… saya sudah bersyukur koq seperti ini…”

Benarkah hal demikian disebut sebagai bersyukur?

“Bersyukur” dalam beberapa literatur yang pernah saya baca memiliki jenjang. Mulai dari ekspresi, apresiasi, internalisasi hingga aktualisasi dan komitmen.

Bersyukur mengajarkan kita untuk tak berpuas hati dalam meminta pada Ilahi. Terus dan terus. Lagi dan lagi. Lebih banyak dan lebih tinggi.

Sang Nabi mengajarkan agar tak tanggung-tanggung. “Jika kalian berharap surga” kata beliau—Shalallahu ‘alaihii wassalaam, “Pintalah Firdaus yang lebih tinggi!”.

Sementara qona’ah yang sering kita artikan sebagai perasaan cukup dan puas, sejatinya adalah perasaan sadar akan kedudukan; siapa Allah dan siapa kita ketika menerima karunia- Nya.

Qona’ah adalah perasaan yang menuntun jiwa kita untuk bersyukur. Di jalan ini, terjebak pada kepuasan hingga tak ada gairah untuk meloncat lebih tinggi adalah perangkap gawat.

Maka bersyukur, bukanlah sekedar berpuas lega, apalagi hanya senang-gembira, makan-makan laluhaha-hihi, kemudian potong tumpeng atau saling bernyanyi sebagai ekspresi kebahagiaan. Lalu sudah, selesai. Bukan-bukan.. sahabat happy worker…

Syukur adalah mendayagunakan segenap nikmat yang telah Allah karuniakan untuk menggapai yang lebih tinggi. Yang berilmu janganlah puas dengan amal dan dakwahnya. Yang berharta janganlah puas dengan shodaqohnya. Yang bernafas janganlah puas sekedar berbaring dan duduk. Tapi bangkitlah. Berlarilah.

Begitulah Salim A. Fillah mengurai begitu indah dalam buku Jalan Cinta Para Pejuang.

Di jalan cinta ini… bersyukurlah…. bersabarlah…  bersyukurlah… bersabarlah…

hingga nanti dan hingga nanti…

.:salam spektakuler:.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s