99 Ideas For Happy Worker: Luapan Data

Bringing civilization to its knees

26 trilyun byte per hari data berhamburan melalui banyak piranti elektronik diantara kita. Dari perangkat sensor hingga ke telepon genggam pintar kita. Ada sekurang-kurangnya 1 milyar status twitter dan 30 milyar pesan facebook dalam satu bulan. Inilah era luapan data dan informasi di sekitar kita.

Di pagi hari sejak kita bangun, dengan mudah rumah kita dijejali informasi tentang artis A apakah sudah pacaran apa belum? Atau kapan duda keren Anang menikahi Ashanti? Dan segudang info yang ‘gak penting-gak bermanfaat’ bagi kehidupan kita, melainkan hanya sekedar menghabiskan energi dan perhatian kita.

Maka betapa pentingnya diri ini memiliki filter guna menyaring dan membendung junk-information yang meluap-luap tersebut.

 
 
Karena sesungguhnya kita itu akan dibentuk pula sesuai dengan informasi yang kita konsumsi sehari-hari. “You are what you eat.”Saatnya kita meninggalkan kebiasaan kita menjadi dumb sponge yang menyerap semua air yang ada disekitarnya. Tak peduli bersih atau kotor airnya.
 
Guru saya pernah mengingatkan pada 3 tingkat pertanyaan tentang berita dan info-info yang berseliweran di sekitar kita:
1. apakah berita itu benar atau hanya isapan jempol. Akurat? faktual?
2. Jika benar, apakah kita perlu mengetahuinya?
3. jika perlu, seberapa besar manfaat dan kegunaannya bagi kita?Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Al Isra:36)
 
Fenomena luapan data ini mengajarkan kita untuk mampu memilah-milah informasi mana yang baik untuk dunia kita juga untuk akhirat kita. Termasuk di dalam dunia kerja dimana banyak beredar informasi-informasi yang terkadang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan kita namun telah menguras energi dan perhatian kita.
 
.:salam spektakuler:.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s