99 Ideas for Happy Worker: Cinta-kan Membawamu…

Love_Hagrid_Scratches_Film

Dalam sebuah sharing session dan dialog, seorang sahabat yang bekerja sebagai agen asuransi syariah menyampaikan dalam forum, “Mengapa sudah bertahun-tahun bekerja, karir dan capaian dalam kerja saya hanya seperti ini saja? Padahal saya sudah mengerahkan segala kemampuan saya untuk mendapatkan prestasi kerja?”

Di lain kesempatan, saya yang sedang mencoba mengasah kemampuan bidang lain, berharap bisa menjadi side job dan tambahan income pun merasakan benturan “dinding” yang sama.

Mungkin tulisan ini sedikit ada relevansinya dengan idea di tulisan sebelumnya: Bunuh Diri Karir.

Ujung-ujungnya saya pun memang melakukan bunuh diri karir terhadap side job tersebut.  Mau tidak mau, tentu dengan berbagai pertimbangan, hics.

Insya Allah saya akan ceritakan alasan-alasan tersebut di beberapa catatan kecil “idea” lainnya.

Saya tanya kepada istri, “kenapa ya, Mi… rasanya antusiasme dalam melakukan pekerjaan ini tak ada sama sekali? atau mungkin karena hanya sebagai ‘side job’ saja? jadi nothing to lose? no strong reason so no strong action?” Seribu pertanyaan saya coba lontarkan untuk menemukan sejatinya alasan mandeg-nya saya dari pekerjaan itu, dan sebagai upaya evaluasi diri. Learn from in-side, kata orang sono.

Istri saya pun cuma berujar, “Mungkin Abu memang ndak mencintai pekerjaan itu dan tidak berusaha mencintainya?”

Deg! daleem juga.

Kekuatan Cinta

 

Ada banyak orang yang berpenghasilan belasan juta, atau bahkan puluhan juta dalam sebulan, namun tak sedikit diantara mereka yang tidak sama sekali memperoleh kebahagiaan dalam bekerja, merasa tertekan, terpaksa dan lain sebagainya.

Sementara tak sedikit orang yang berpenghasilan di bawah 1 juta namun wajahnya selalu berseri saat melakukan tugas dan pekerjaannya—saya ulang: saat melakukan tugas dan pekerjaannya tampak terpancar di wajahnya kegembiraan dan ketulusan—seakan lupa akan beban hutang di warung tetangga, atau uang pangkal sekolah yang makin tinggi. Bahkan seperti ada energi lain yang kita rasakan dalam setiap langkah dan tatapannya. Apakah cukup 1 juta baginya sehingga ia begitu “happy”?

Jawabannya karena ia bekerja dengan cinta. Cinta yang berangkat dari misi suci-nya mengapa ia melakukan pekerjaan tersebut.

Lama sudah kumencari
Apa yang hendak kulakukan
Sgala titik kujelajahi
Tiada satupun kumengerti
Tersesatkah aku di samudra hidupmu

Kata-kata yang kubaca
Terkadang tak mudah kucerna
Bunga-bunga dan rerumputan
Bilakah kau tahu jawabnya
Inikah jalanku inikah takdirku
[nugie, Lentera Jiwa]

Selama anda belum sanggup mencintai apa yang anda lakuan, maka anda belum berhak mendapatkan keberhasilan sejati. Ingatlah, kawan….terkadang kita mendapatkan sesuatu yang benar-benar kita inginkan dari jalan yang semula kita tolak dan kadang kita benci.

Maka yuk,..Belajar mencintai apa yang kita lakukan hari ini…  

 

.:salam spektakuler:.

One thought on “99 Ideas for Happy Worker: Cinta-kan Membawamu…

Leave a Reply

